Senin, 04 Juli 2011

Rekreasi Pendidikan

Rekreasi Pendidikan

Tanggal : 02/04/2011, dibaca 38 kali.


Siswa SMA Al Baladul Amin menuju tempat rekreasiProgram rekreasi pendidikan di sekolah-sekolah saat ini perlu digalakkan. Hal ini dilakukan agar dapat membantu tercapainya tujuan pendidikan nasional, yaitu meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, meningkatkan kecerdasan, keterampilan,  mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian, mempertebal semangat kemerdekaan dan cita-cita tanah air.
 Kegiatan rekreasi pada dasarnya merupakan bagian integral dari pendidikan. Oleh sebab itu, pendidikan rekreasi sebagai penunjang proses pendidikan, merupakan salah satu media untuk mencapai tujuan pendidikan
Program ini telah dilaksanakan oleh SMA Al Baladul Amin, salah satu sekolah yang berbasis teknologi dan religi. Dengan adanya rekreasi pendidikan ini, diharapakn peserta didik memperoleh manfaat sesuai dengan fungsinya. Adapun fungsi dari rekreasi pendidikan ini adalah, sebagai berikut:
1.       Menambah  atau memperkaya pengetahuan dan wawasan.
Dengan mengikuti kegiatan rekreasi pendidikan, siswa akan memperoleh pengetahuan dan wawasan yang tidak terdapat dalam pelajaran pokok di sekolah. Kegiatan rekreasi tersebut misalnya penjelajahan, mendaki gunung, berkemah dan sebagainya. Dengan kegiatan tersebut, siswa akan memperoleh pengetahuan baru yang beraneka ragam sesuai dengan bentuk dan jenis kegiatannya.
2.       Meningkatkan ketangkasan dan keterampilan.
Dalam melakukan berbagai kegiatan rekreasi pendidikan, siswa akan dapat meningkatkan keterampilan. Hal tersebut dapat diperoleh dari kegiatan rekreasi pendidikan, seperti permainan, pekerjaan tangan, melukis,dsb. Kegiatan tersebut akan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari di kemudian hari.
3.       Mempengaruhi gairah belajar.
Sesuai dengan pengertiannya, bahwa rekreasi mengandung makna “re-create” yang berarti pemulihan. Oleh sebab itu, dengan melakukan kegiatan ini, semangat dan gairah belajar siswa diharapkan akan meningkat. Di samping dapat mengalihkan dan menciptakan suasana baru, juga dapat dijadikan sebagai media untuk mencari kesegaran jasmani, kegembiraan dan kepuasan jiwa.
4.       Menambah sikap yang kretif dan sosial.
Siswa dapat memperoleh pengalaman baru yang positif, misalnya hidup di alam terbuka dan wisata karya. Dengan kegiatan tersebut siswa akan mendapat berbagai hal seperti, siswa dapat belajar hidup mandiri, bergotong royong, belajar hidup bermasyarakat, dsb.
5.       Membentuk kepribadian yang lebih baik.
Melalui rekreasi pendidikan, akan terbentuk kepribadian yang lebih baik. Oleh karena itu, dalam rekreasi pendidikan terdapat kegiatan yang mendidik siswa untuk belajar hidup mandiri, bergotong royong, dll.
6.       Menanamkan rasa kekaguman terhadap Tuhan Yang Maha Esa
Dengan melakukan rekreasi pendidikan, siswa akan lebih tertanam rasa kekaguman dan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sehingga pada akhirnya timbul rasa keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
7.       Menanamkan rasa cinta tanah air dan bangsanya.
Salah satu penanaman rasa cinta terhadap tanah air melalui rekreasi pendidikan. Oleh karena itu, di dalam kegiatan tersebut terdapat kegiatan yang bermanfaat, seperti mengunjungi pemandangan alam yang indah, mengunjungi peninggalan-peninggalan masa lalu, dll.

1 komentar: